Breaking News

9 Negara Terdamai di Dunia, Mana Favoritmu?


Hey sobat gaul..!Tahun baru menjadi awal yang baik bagi setiap individu dalam berbenah. Introspeksi diri terhadap semua peristiwa yang telah berlalu pada tahun sebelumnya pun sangat penting adanya. Bukan hanya tiap individu saja nih yang berbenah. Namun setiap negara dengan pemerintahan masing-masing pun selayaknya melakukan pembenahan-pembenahan terhadap tata kelola negerinya semua itu tentu dengan tujuan agar rakyatnya lebih aman, tenteram dan sejahtera. Hehe rakyat mana sih yang tidak mendambakan hidup aman dan damai di negaranya. Fasilitas kesehatan, fasilitas umum dan fasilitas keamanan dapat tercover dengan baik sudah pasti menjadi dambaan umat.   
 
Nah berbicara soal negara yang aman dan damai nih, Global Peace Index (GPI) 2018 merilis laporan terkait negara paling damai di dunia, yang bekerja sama pula oleh lembaga internasional untuk Ekonomi dan Perdamaian (Economics and Peace/IEP) yang mencakup 163 (seratus enam puluh tiga) negara bagian dan menampung 99,7 persen dari populasi dunia. Dimana peringkat yang didasarkan pada 23 (dua puluh tiga) indikator ini dikelompokkan ke dalam tiga kriteria, yakni dari segi keselamatan dan keamanan sosial, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, serta tingkat militerisasi. 

Namun ternyata laporan tersebut memberikan gambaran yang serius, diantaranya perdamaian global telah menurun sebesar 0,27 persen dari tahun lalu. FYI aja nih guys, penurunan angka ini terjadi keempat kalinya secara berturut-turut, dan tentu hal tersebut membuat dunia menjadi kurang damai saat ini dibandingkan beberapa dekade terakhir. Disisi lain Negara Islandia telah mencatat rekornya selama 11 (sebelas) tahun dengan menempati peringkat pertama negara paling damai di dunia. Negara Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat kecil yaitu hanya 1,8 pembunuhan per 100.000 orang setiap tahun. Perdamaian negara dapat tercapai juga karena adanya korelasi kinerja yang kuat pada sejumlah variabel makroekonomi, antara lain suku bunga lebih rendah dan stabil, serta tingkat inflasi yang rendah. Sehingga secara total, jika negara yang paling tidak damai telah tumbuh pada tingkat yang sama dengan negara yang sangat damai, ekonomi global akan menjadi hampir 14 triliun dollar AS lebih besar. 

Dikutip dari Seasia, Jumat (26/10/2018) untuk wilayah Asia Tenggara, Singapura menempati urutan teratas, sementara Filipina berada di urutan terbawah. Indonesia sendiri berada pada urutan ke-55 dunia dan ke-4 di Asia Tenggara. Namun negara Indonesia mengalami peningkatan secara kapabilitas militer, karena cukup baik dalam menangani teror yang terjadi. Berikut nih daftar negara paling aman di Asia Tenggara Singapura (1.382), Malaysia (1.619), Laos (1.821), Indonesia (1.853), Vietnam (1.905), Kamboja (2.101), Thailand (2.259), Myanmar (2.302) dan Filipina (2.512). Nah berikut ini adalah ulasan terkait 9 Negara Terdamai di Dunia, mana favoritmu? :


1. Islandia             


Negara Islandia telah mencatat rekornya selama 11 (sebelas) tahun dengan menempati peringkat pertama negara paling damai di dunia. Negara Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat kecil yaitu hanya 1,8 pembunuhan per 100.000 orang setiap tahun. Kurang lebih penduduknya yang berjumlah tiga ratus ribu juta jiwa ini tidak ada yang buta huruf lho..Toleransi terhadap kaum minoritas di negara ini juga sangat tinggi.


 2. Denmark

      



Pajak di negara satu ini, memang terkenal tinggi sih guys, namun orang Denmark dikenal sebagai orang-orang paling bahagia di dunia. Bahkan PBB pun ikut menobatkan hal ini berdasarkan studi yang dilakukannya. Mengapa bisa begitu?sebab di negara ini memberlakukan sistem kesejahteraan yang membuat iri semua penduduk dunia. Uang hasil pajak yang tinggi diperuntukkan membuat fasilitas umum, sehingga orang para penduduk Denmark dapat hidup dengan terorganisir dan santai. Sarana dan prasarana secara efektif dan efiisen dapat dinikmati oleh masyarakat Denmark. Tingkat kebahagian ini juga mengacu pada pendapatan per kapita, keseajhteraan hidup, tingkat kesehatan dan masih banyak lagi.


3. Selandia Baru


             


New Zealand merupakan negara yang memiliki tingkat pencemaran paling sedikit dibandingkan negara-negara lainnya. Negara ini menjadi surga untuk berjalan kaki dan lintas alam serta memiliki berbagai rute jalan kaki sembari menikmati keindahan alam dan udaranya yang masih jauh dari bahan polutan. Masyarakat Selandia Baru juga sering mendapat cuti lho, sehingga banyak waktu yang dapat mereka luangkan untuk sekadar menikmati pemandangan dan fasilitas olahraga yang telah disediakan. Wah, mantab sekali ya!

4    4.  Austria                      



Negara ini menawarkan lingkungan bersih dengan sistem transportasi yang mudah lancar. Austria merupakan negara terkaya ke-12 di dunia. Uniknya, remaja Austria yang berusia enam belas tahun sudah bisa ikut pemilu lho..

5    5. Swiss                                   



      Rahasia mengapa orang Swiss merasa aman dan dami tinggal di negaranya adalah fasilitas pendidikan, pekerjaan dan pelayanan kesehatan disediakan dengan sangat baik oleh pemerintah. Swiss juga termasuk negara yang memiliki perekonomian paling stabil dengan rata-rata angka inflasi yang rendah. Negara ini juga memberikan kebebasan memeluk agama bagi semua warganya.

6     6. Jepang                  



Salah satu negara Asia yang masuk dalam top nine negara terdamai versi IEP. Negeri Sakura ini tidak perlu dipertanyakan lagi kebersihannya. Negara yang pernah porakporanda oleh bom atom di dua kota besar yang dimilikinya tersebut, mampu menunjukkan bahwa mereka dapat dengan cepat membangun negaranya dengan cepat. Meskipun banyak yang bilang bahwa orang Jepang sangat keras, namun berkat etos kerja yang tinggi realitanya negeri sakura ini dapat membangun negara berteknologi tinggi dan damai dalam waktu yang singkat. Perpaduan budaya dan teknologi yang tinggi di negara Jepang seringkali membuat para turis mancanegara ingin tinggal dan menetap, mulai dari toilet yang super bersih dan berteknologi canggih, serta kepedulian yang tinggi untuk menyediakan fasilitas umum bagi para penyandang disabilitas.  Terdapat juga kota tua di distrik Kyto sebagai temat para Geisha. Hal tersebut jelas membuat nyaman semua orang untuk tinggal. Bahkan selokan saja dapat digunakan untuk memelihara ikan koi, sangat luar biasa bukan? 

7    7.  Finlandia

         


Jika berbicara dengan negara Finlandia, pasti satu hal yang terbesit pertama kali adalah kualitas pendidikannya. Yupps, negara ini memiliki sistem pendidikan praktis terbaik di dunia. Negara Finlandia juga memiliki musim dingin relatif lama. Luar biasanya, angka korupsi dan perbedaan kelas di negara ini juga terbilang rendah. Sedangkan persamaan gender sangat dijunjung tinggi di negara ini.

8    8. Kanada       



FYI nih guys, pendapatan rumah tangga di Kanada rata-rata $28.000 atau sekitar dua ratus delapan puluh juta per tahun?keren banget kan sob, angka ini menjadi salah satu yang tertinggi diantara negara-negara OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) lainnya.

9     9. Swedia       



Standar hidup yang tinggi membuat Swedia termasuk negara dengan kehidupan sosial yang baik. Negara ini pun terkenal dengan pemerinthan yang bersih dan media yang independen.

Demikian informasi mengenai kota-kota ternyaman di dunia, disampin ada juga tempat atau pulau yang terbentuk dari sendimen lumpur.



No comments