Breaking News

7 Tips Agar Tetap Produktif dan Penuh Inspirasi


Salah satu profesi yang diidam-idamkan generasi millenial saat ini adalah menjadi pekerja kreatif. Apa sih pekerja kreatif itu?Menurut KBBI pekerja adalah sesorang yang harus mengurus pelaksanaan tugas sehari-hari dalam suatu organisasi. Sedangkan kreatif dapat diartikan memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan (pekerjaan yang menghendaki imajinasi dan kecerdasan. Sehingga dapat disimpulkan pekerja kreatif adalah seseorang yang memiliki kecerdasan dan imajinasi tertentu untuk menciptakan sebuah karya.

Nah kaitannya dengan pekerja kreatif ini, tentu tidak terlepas dari industri kreatif yang terdiri dari beberapa subsektor diantaranya fashion, periklanan, seni pertunjukan, kerajinan, kuliner, aplikasi dan software, game, design, video, film, fotografi, arsitektur, radio, TV, Penerbitan dan percetakan. Wah banyak juga ya ternyata industri kreatif yang bisa makin dikembangkan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, tentu hal ini harus dibarengi dengan kreativitas generasi zaman now yang makin mantab ya, salah satunya denga makin kreatif untuk melakukan kolaborasi dari ke enam belas subsektor tersebut, jadi saling terhubung dan tidak bekerja sendiri-sendiri tentunya. Seperti yang dikutip dari tulisan Anto Motulz, seorang creative director yang memiliki segudang pengalaman di bidang kreatif menyebutkan, hal pertama yang harus dipahami oleh pekerja kreatif adalah harus berani berkolaborasi. Kedua, ketika sudah sadar antar subsektor perlu terhubung erat, akan memunculakan rasa untuk saling mendukung satu sama lain agar lebih maju.

Dan nampaknya dewasa ini menjadi pekerja kreatif menjadi salah satu profesi idaman para generasi millennial. Bagaimana tidak? Jam kerja yang fleksibel dan sesuai dengan karakter anak muda yang kreatif dan suka dengan kebebasan membuat profesi ini menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin menyalurkan hobi. Bukan hanya sekadar menyalurkan hobi saja namun disisi lain juga tetap menghasilkan uang. Bagaimana dengan kalian, apakah tertarik menjadi pekerja kreatif?
Tetapi jangan salah, walaupun tidak terpatok dengan jam kerja seperti halnya pegawai kantoran, pekerja kreatif harus disiplin supaya tetap produktif menghasilkan karya.Tidak jarang para pekerja kreatif juga menemui titik jenuhnya masing-masing dan kehilangan inspirasi. Hal tersebut dapat terjadi karena kurang mengorganisir waktu dengan baik. Atau bisa juga karena terlalu sibuk menghasilkan karya sehingga lupa untuk istirahat sejenak dari rutinitas harian. Nah berikut ini ulasan untuk para pekerja kreatif tentang 5 Tips Agar Tetap Produktif dan Penuh Inspirasi, yukk simak uraiannya!
1.    Rutin Olahraga



Segudang aktivitas seringkali membuat pekerja kreatif meremehkan manfaat penting olahraga. Padahal dengan melakukan olahraga rutin setiap hari, kita dapat memiliki tambahan energi, mengurangi stress, dan meningkatkan mood. Olahraga juga tidak perlu dilakukan di tempat gym. Para pekerja kreatif dapat melakukan jogging ringan di sekitar lingkungan rumah tiap pagi atau sore hari. Bila perlu olahrga tersebut dapat dilakukan di Ruang Terbuka Hijau sehingga udara segar pun dapat dirasakan sehingga bisa membuat tubuh merasa lebih segar. Jika jarak tempat kerja dekat, berjalan kaki ke tempat kerja juga termasuk olahraga yang sederhana lho, siapa tahu inspirasi datang selama di perjalanan!
2.    Miliki waktu tidur yang cukup
                              
Begadang merupakan hal yang wajar dilakukan oleh anak muda, namun waktu ideal manusia untuk tidur dalam sehari adalah 7-8 jam. Jadi tidak ada salahnya untuk mengatur waktu tidur agar tidak terlalu larut. Sebab saat kita tidur cukup, banyak energi yang bisa gunakan pada keesokan harinya. Sehingga kita lebih fresh untuk melakukan aktivitas dan hobi. Waktu tidur yang cukup juga bermanfaat menciptakan mood bagus sepanjang hari. 
3.    Membuat Skala Prioritas Harian

Membuat skala prioritas kegiatan yang akan dilakukan tiap harinya sangatlah penting. Tentu untuk mengorganisir waktu dikarenakan jam kerja yang fleksibel bisa jadi membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang terstruktur. Dengan adanya daftar hal-hal penting yang harus dipenuhi, maka waktu yang kita miliki akan terfokus untuk mengerjakan hal tersebut tanpa terdistraksi hal lainnya. Kita bisa membuat daftar tiga hal yang ingin dilakukan setiap pagi dan usahakan melakukan semuanya hingga tuntas.
4.    Membaca Buku

pexels/lifeofpix
Seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia. Meskipun profesi kita tidak ada hubungannya dengan membaca buku, namun yang perlu dilakukan adalah membaca buku ataupun artikel yang berhubungan dengan profesi kita. Sebab dengan membaca tentu pengetahuan akan bertambah dan nilai plesnya bisa jadi kita mendapat inspirasi untuk menciptakan karya baru dari sumber bacaan tersebut.
5.    Browsing

Selain membaca buku, browsing di internet menjadi cara yang paling mudah dan disukai banyak orang untuk mencari ide dan gagasan baru. Banyak artikel dan video tutorial yang bisa kita tonton melalui Youtube atau situs lainnya. Misalnya dalam hal memasak, make up, membuat prakarya dari barang bekas, dan lain masih banyak lagi. Riset di internet juga banyak dilakukan oleh penulis guna membangun setting atau alur cerita supaya terasa lebih real di mata pembaca. Hal-hal ini penting sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, terutama jika profesi kreatif yang kita tekuni bertolak belakang dengan latar pendidikan. Wah bukan tidak mungkin ya, seorang bisa meraih sukses diluar latar pendidikannya, asalkan ada tekad dan usaha untuk belajar, selamat mencoba!
6.    Brainstorming

Brainstorming merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh mereka yang bekerja di bidang kreatif. Pekerja kreatif dapat melakukannya sendiri dengan jalan-jalan di alam terbuka, menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, atau mengunjungi pameran seni. Hal yang tidak kalah penting ialah para pekerja bisa melakukan diskusi dengan partner kerjamu untuk saling bertukar pendapat atau gagasan. Bahkan jika kita benar-benar memiliki jiwakreatif, hanya dengan hang out dengan teman-teman dekat saja, kita sudah mendapatkan ide baru. 
7.    Merapikan meja kerja

Meja kerja yang bersih dan rapi akan membuat lebih bersemangat dalam bekerja. Selain itu, kita juga bisa tetap fokus mengerjakan sesuatu. Inspirasi pun akan mudah datang jika lingkungan kerja bersih dan rapi. So, jangan malas membersihkan meja kerja, ya!

No comments