Breaking News

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia 25 November

BloGaul.com – Paling seneng yo lur nek awan-awan panas terik, ngiup nang ngisor wit-wit an, hmm pasti bakal keroso adem semilir-semilir mestine. Kita patut bersyukur lur, amarga ono wit-witan iki sebagai penghasil oksigen untuk bernafas. Bukan hanya itu, pohon pun bisa menjadi ekosistem bagi makhluk hidup lainnya. So, keberadaan pohon wajib kita jaga dan pelihara ya, terutama untuk selamat hari menanam pohon Indonesia ini. Pada 30 oktober kami juga telah membahas tentang hari keuangan nasional.


Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia

Tepatnya tanggal 25 November, ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 Tentang  Hari Menanam Pohon Indonesia. Pencanangan aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor pada tanggal 28 November 2007 merupakan cikal bakal dimulainya kegiatan menanam selama bulan Desember 2007 sebagai awal Bulan Menanam Nasional. Dimana hal ini merupakan momentum strategis bagi bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan. Duh-duh, apa itu ya degradasi dan deforestasi?

Degradasi tanah atau lahan diartikan sebagai lahan yang memiliki tingkat produktivitas rendah atau tidak produktif sama sekali bagi kegiatan pertanian. Produktivitas lahan yang rendah atau bahkan tidak produktif untuk aktivitas pertanian, bisa disebabkan oleh cara pengolahan tanah yang tidak benar dan penggunaan lahan yang dapat memicu timbulnya erosi secara berlebihan (Suwardjo, dkk.,1991 dalam Banuwa, 2013). Sedangkan deforestasi merupakan proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non-hutan.

Deforestasi dapat juga disebabkan oleh kebakaran hutan, baik yang disengaja atau terjadi secara alami. Sehingga sudah dapat dibayangkan bukan lur, bahwa baik degradasi lahan ataupun deforestasi dapat mengancam kehidupan umat manusia dan spesies mahluk hidup lainnya. Bahkan sumbangan terbesar dari perubahan iklim yang terjadi saat ini diakibatkan oleh deforestasi. So, langkah kecil kita harus bisa dong ikut mengurangi degradasi lahan dan deforestasi ini. Caranya gimana? ya menanam pohon tentunya :)

Menanam Satu Pohon, Membangun Banyak Istana Kehidupan!

Selanjutnya, dalam upaya menjaga kesinambungan Bulan Menanam Nasional dan usaha untuk memasyarakatkan gerakan tanam serta memelihara pohon secara Nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa, pada akhirnya tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Biasanya untuk memperingati HMPI ini lebih dibutuhkan aksi nyata, bukan hanya sekadar perayaan semata.

Aksi nyata tersebut dapat ditunjukkan dengan berbagai aktivitas menanam pohon tentunya, misalnya dengan pemulihan kerusakan hutan dan lahan kritis, serta gerakan tanam 1000 pohon yang seringkali dilakukan oleh aktivis pecinta alam. Kita juga jangan mau kalah lur, lingkungan sekitar kita juga dapat kita optimalkan untuk ditanami pohon, biar adem dan sejuk di hati, hehe. Bukan itu saja, tentu ketika kita menanam dan menjaga pohon dengan baik sudah pasti banyak manfaat yang dapat diterima nih. Apa aja tuh..yukkk yukk simak uraian berikut :
  1.  Pohon dapat membersihkan udara dari partikel-partikel yang mencemari udara. Salah satu penelitian dari Davey Institute dan Departemen Kehutanan Amerika Serikat menyebutkan bahwa pohon diperkotaan mampu menyelamatkan rata-rata satu kehidupan per tahun sebab pohon dapat membersihkan zat polutan. Study dalam Journal of Preventive Medicine pun menemukan bahwa banyak kasus kematian akibat jantung dan pernapasan ketika mereka tinggal di daerah dimana tidak ada pohon dalam lingkungan tersebut. Maka dari itu, pohon merupakan sumber dari “Paru-Paru Dunia”, sebab oksigen yang mereka hasilkan bagi keberlangsungan makhluk hidup lain. Sehingga jelas keberadaan pohon dapat menurunkan pencemaran udara. Pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan karbon dioksida tersimpan di atmosfer bumi, hal ini menyebabkan suhu menjadi panas serta dapat mengubah iklim kita. Duh, bisa gawat nih kalo iklim mudah berubah..contohnya dalam bidang pertanian, bisa-bisa para petani kebingungan mau menanam tanaman apa. Nah beruntungnya, penanaman pohon dapat memperlambat proses ini, sebab sebuah pohon saja mampu menyerap satu ton karbon dioksida per tahun.
  2. Pohon juga berperan dalam menyediakan air bersih, mengapa bisa begitu? Akar pada pohon dapat menyediakan sistem filtrasi dan melakukan penyimpanan alami yang memproses hampir seluruh pasokan air bersih yang dapat kita nikmati sehari-hari tentu melalui proses daur air ya lur..air ini disimpan dan disaring secara alami oleh akar pohon. So, makin banyak pohon, tentu makin banyak pasokan air yang dapat dihasilkan. Makadari itu, kita pun harus peduli terhadap kelestarian hutan sebagai kekayaan alam Indonesia yang tiada tar
  3. Manfaat pohon berikutnya adalah meningkatkan nilai properti dan estetika. Kebanyakan orang akan lebih tertarik membeli dan membangun rumah ataupun tempat bisnis di dekat taman atau areal yang mempunyai banyak pohon. Menurut sebuah penelitian CS Monitor, nilai properti di daerah dekat taman terbuka hijau akan jauh lebih tinggi tujuh hingga dua puluh lima persen dibandingkan area yang tandus tanpa pepohonan. Banyak pohon yang rapi dan tertata juga tentu lebih mengandung nilai estetika yang indah dipandang mata.
  4. Pengendali bencana alam seperti banjir, tsunami, dan tanah longsor. Pohon yang terdapat di hutan daerah tinggi menyimpan sejumlah besar air yang seharusnya mengalir menuruni bukit dan mengalir di sepanjang sungai ke kota-kota. Bayangkan saja lur, tanpa adanya pohon-pohon tersebut, air tersebut akan mengalir tanpa hambatan dan dampak banjir, tanah longsor akan tampak di depan mata.
  5. Dan yang tak kalah pentingnya, pohon merupakan habitat bagi satwa liar sebagai tempat tinggal, bersarang, berkembangbiak, dan mencari makan. Habitat ini jelas mendukung berbagai kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini, yang kita kenal dengan keanekaragaman hayati. So guys, dengan melindungi pohon berarti kita turut melakukan konservasi sumber daya alam. Mantab kan..!!
Nah, itu tadi lur.. Sedikit pengetahuan tentang berbagai manfaat pohon yang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Setidaknya tunjukkan aksi kecil kita terhadap keberlangsungan kehidupan bumi di masa yang akan datang. Masa depan bumi, ada di tangan kita, jangan lupa ya. yuk menanam pohon dan Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia. Semoga artikel dari BloGaul.com ini bermanfaat :)

No comments