Breaking News

Perhimpunan Usaha Kecil Sidoarjo “PERUKSI”, Siap Berbagi Maju Bersama!


GwsLur.id - “Berbagi untuk Maju Bersama”, wow dalam sekali ya maknanya!! Dulur-dulur usaha kecil Sidoarjo ada yang sudah kenal nggak nih dengan tagline satu ini? Sebagai makhluk sosial sejatinya memang kita perlu banyak-banyak berbagi, sharing ilmu pengetahuan dan lain-lain. Tujuan ya untuk melengkapi agar semakin maju dalam kesempurnaan tentunya. So, dulur darjo pada penasaran kan kira-kira siapa ya, si empunya tagline yang sarat akan makna ini. Nah ini dia review singkat si empunya tagline yang bakal buat kita makin semangat jadi pengusaha baru di Kota Sisoarjo tercinta ini. Hmm, kenapa bisa begitu?



Peruksi yang memiliki kepanjangan Perhimpunan Usaha Kecil Sidoarjo, dari namanya aja nih dulur darjo bisa membayangkan kira-kira seperti apa asosiasi yang saat ini mulai mengepakkan sayapnya untuk berupaya menciptakan iklim kondusif bagi para pelaku usaha di Sidoarjo. Peruksi adalah asosiasi yang terbentuk di awal tahun 2018 tepatnya pada bulan Januari. Sesuai dengan namanya nih, Peruksi merupakan perhimpunan dari pengusaha kecil Sidoarjo untuk saling berbagi dan belajar bersama dalam mengembangkan usaha yang mereka miliki agar lebih maju. Keren sekali kan.

Nah alasan pemilihan kata “perhimpunan” dari akronim Peruksi sendiri adalah supaya ada manfaat di setiap pertemuan-pertemuan yang dilakukan oleh para anggota, bukan hanya sekadar kumpul-kumpul saja tanpa ada pembahasan yang bermakna bagi bisnis yang sedang dikembangkan oleh para anggota. Saat ini Peruksi sudah memiliki 35 anggota di usia pembentukan asosiasi yang masih terbilang muda, namun sudah memiliki pencapaian yang luar biasa.

Ditemui pada sela acara meet up para anggota, terkait materi pitching dan pitch desk di kafe D’Payung, Pak Iwan dan Bu Kiki sebagai pemrakarsa terbentuknya Peruksi menjelaskan, anggota Peruksi sendiri adalah perhimpunan dari para pelaku usaha mikro. Teman-teman mikro belum ada pembinaan yang signifikan dan selama ini banyak mengikuti pembinaan hanya dari dinas-dinas terkait. Nah harapannya dengan memprakarsai sendiri peruksi ini, para pelaku usaha kecil Sidoarjo harus lebih mandiri dan kreatif. Maka dari itu muncul tagline yang menjadi penyemangat bagi para anggota, yaitu “Berbagi untuk Maju Bersama”.

Perhimpunan Usaha Kecil Sidoarjo “PERUKSI”

Peruksi dapat menjadi wadah bagi para anggota untuk banyak belajar gimana caranya teman-teman bisa naik kelas, belajar produk bersama dengan anggota lain mulai dari kemasan, salah satunya seperti materi pitching dan pitch deck. Dan tidak menutup kemungkinan next time anggota peruksi dapat belajar digital marketing untuk teman-teman yang lain.

Pak Iwan sebagai Ketua Peruksi memaparkan bahwa selama bergabung dalam asosiasi ini banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapat. Salah satu dampak sosial yang dirasakan adalah ketika beberapa waktu lalu mengikuti ajang UKM Wow, beberapa anggota Peruksi mendapat prestasi yang luar biasa, yaitu berhasil menyabet Juara I, II, dan III sekaligus. Padahal sebelumnya banyak anggota Peruksi yang belum paham apa itu pitching dan pitch deck. Namun setelah sharing bersama anggota lain yang lebih punya skill terkait materi tersebut, pada akhirnya dapat menularkan ilmu yang dimilikinya pada anggota lain yang sebelumnya belum mengerti materi tersebut.

Nah bicara tentang asosiasi dimanapun, pasti punya sisi hiostoris sendiri?lalu seperti apa ya sejarah terbentuknya Peruksi ini?

Terbentuknya peruksi ini di latar belakangi dari jumlah asosiasi di Sidoarjo yang terbilang masih minim dan biasanya asosiasi yang telah terbentuk masih dibawah naungan Dinas-Dinas terkait. Padahal dinas pun mungkin belum bisa mendampingi secara intens. Maka dari itulah, para pemrakarsa Peruksi memilih untuk membuat asosiasi diluar dari itu supaya lebih kreatif dan mandiri sesuai tagline yang  telah dibuat.

Bagaimana pendapat teman peruksi terkait ekonomi digital ?

Mbak Kiki, sebagai Sekretaris Peruksi memaparkan teman-teman peruksi sebenarnya harus diberi pemahaman lebih lanjut dahulu terkait apa itu ekonomi digital. Tidak banyak yang mengetahui ekonomi digital, tetapi yang jelas ekonomi digital ini sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis para anggota di masa depan. Sebab teman-teman anggota merupakan pelaku usaha mikro, pemahaman lebih lanjut sudah jelas perlu dilakukan, kedepan para anggota juga harus lebih terbuka menanggapi kebutuhan-kebutuhan untuk membuat usaha lebih maju. Terlebih perubahan era digital, menuntut para pelaku bisnis mikro Sidoarjo untuk terus dan banyak belajar lagi tentang ekonomi digital, digital marketing dsb. Dan jika dipresentasekan hanya sekitar 30% dari anggota yang menggunakan ekonomi digital.

Apa sih Tips untuk pelaku usaha baru ?

Tips pertama adalah fokus pada produk yang telah dibuat adalah salah satu prinsip yang harus dipegang kuat oleh para pelaku usaha yang baru merintis usahanya. Karena dengan fokus pada suatu produk, dia akan berkembang dengan sendirinya. Sedangkan jika tidak fokus, usaha tersebut justru tidak akan mencapai apa yang diinginkan. Tips kedua adalah percaya diri. Kalo pengusaha tidak percaya pada produknya sendiri, bagaimana denga orang lain. Akhirnya produk tersebut malah akan terhambat untuk dikenal. Tips ketiga adalah jangan takut untuk melangkah, sebab satu langkah ke depan adalah keputusan kita untuk maju terus. Jadi kalo kita takut melangkah sudah dapat dipastikan usaha yang dimiliki akan stagnan.

Jangan takut melangkah, percaya diri, tetap semangat untuk mengembangkan usaha. Wah massukk Pak Eko, pesan dari teman-teman anggota Peruksi. Nah jika dulur darjo ternyata sudah mulai belajar merintis usaha apapun itu dan bingung mau sharing ke siapa. Sudah ahh, nggak perlu khawatir lagi. Kalian bisa join buat jadi anggota Peruksi. Syaratnya mudah kok, yaitu para pengusaha-pengusaha baru yang mulai merintis bikin bisnis dan yang paling penting adalah ber KTP asli Sidoarjo. Ini dia contact person Peruksi yang bisa menjadi jembatan dulur-dulur darjo, calon pengusaha sukses Sidoarjo 08113623234. Cukup sekian info dari bloGaul mengenai usaha kecil menengah di sidoarjo / Peruksi, semoga bermanfaat !!

No comments