Breaking News

Kolaborasi Seni untuk Menghadirkan Gagasan dan Ide dalam Berkesenian


Kolaborasi seni anatara Komperta | Komunitas Perupa Delta dengan SDS | Street Drum Sidoarjo yang digelar di Alun-alun Sidoarjo pada hari minggu pagi, diharapkan dapat digunakan untuk menghadirkan gagasan dan ide dalam berkesenian, sebagai media hiburan, memperindah, merencanakan, dan menata karya-karya seni yang fungsional dan ekspresif.

Kolaborasi seni tersebut diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun Republik Indonesia ke 73 dengan simbol melukis di kanvas sepanjang 17 meter terbuka untuk umum yang digagas oleh komunitas perupa sidoarjo atau yang sering disebut komperta sekaligus diiringi oleh alunan musik yang dipersembahan oleh komunitas Steet Drum Sidoarjo atau SDS.

 Kolaborasi seni ini dapat dilihat sebagai suatu aktivitas yang tidak hanya melatih ‘rasa’ (feeling), tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir secara logis, kegiatan kolaborasi seni tersebut, merupakan aktifitas kerja sama, interaksi dan penggabungan antara unsur-unsur seni maupun para pelaku seni (seniman) yang menghasilkan suatu bentukan yang mungkin baru.

Dengan adanya kolaborasi seni akan menghasilkan karya seni yang mampu merefleksikan konsep dan teknik dari masing-masing unsur seni untuk komunikasi, eksperimen, berkolaborasi menuangkan ide-ide dan menjembatani antara wacana pemikiran dari berbagai disiplin ilmu.

Komposisi yang bertolak dari penjelahan tehnik gerak, ritme, struktur, dan berbagai bentuk stimulasi visual, bunyi, bau, dan ruang. Dalam proses kreatif berkolaborasilah dapat memperkenalkan berbagai aspek bentuk seni. Penekanan proses kreatif dalam sebuah kolaborasi perlu disepakati pentingnya “struktur” dalam koreografi (penciptaan) terhadap kecenderungan masanya. Sebagai sebuah pemikiran, kala itu, bentuk seni modern yang baru lahir, tari modern memuja “kebebasan individual tanpa batas” sehingga melupakan struktur dan bentuk artistik.
Oleh karena itu tugas penting dari sebuah kolaborasi adalah mewujudkan hasil penjelajahan proses kreatif tersebut ke dalam momen-momen realisasi untuk kemudian memproyeksikan realisasi-realisasi ke dalam bentuk-bentuk yang komunikatif dan proses kreatif lebih mengusahakan integrasi antara ide dan bentuk.

Proses kreatif dalam kolaborasi seni menjelaskan aspek perasaan, banyak yang sering mengacaukan antara proses dan produk kreativitas. Penciptaan sering dikatakan mendapatkan inspirasi yang bersifat sangat pribadi, eksplosif, dan berkaitan dengan proses batin dan apapun cara mulainya sebuah proses kreatif tentulah harus diwujudkan menjadi karya, produk atau karya yang mampu menceritakan kepada banyak kalayak tentang inspirasi atau proses kreatif seniman, dan bahwa intuisi di dalam kesenian sesungguhnya adalah hasil dari sebuah latihan yang sangat lama.
Demikian dulur informasi mengenai kolaborasi seni yang tumbuh di Sidoarjo, semoga membawa inspirasi pada insan-insan kreatif lainnya akan kebutuhan kita akan kolaborasi karena kreativitas bukan usaha sendiri dan people are more important than ideas.

Baca juga kegiatan seni komunitas lainnya: Kolaborasi mural seniman jalanan sidoarjo



No comments