Breaking News

Korea Kecil di Negeri Sakura

Kalau mendengar China Town sepertinya sudah biasa di telinga semua orang, bagaimana dengan Korean Town? Nah, ini masih jarang sekali kan di dengar? Biasanya yang terdengar dari negeri ginseng hanyalah kebudayaan popnya yang sepuluh tahun belakangan mendominasi di beberapa negara di Asia dan Eropa.
 
Ternyata di negara tetangganya, Jepang, para warga Korea memiliki sebuah distrik huniannya sendiri di daerah dekat stasiun JR Shin-Okubo. Para warga Korea mulai hijrah ke negara tetangganya ini, tepat setelah perang dunia kedua. Kebanyakan dari mereka memutuskan pergi ke Jepang untuk mencari peruntungan sebagai pekerja tambang. Jumlah mereka semakin meningkat jumlahnya di negeri asal Samurai itu, setelah meletusnya Perang Korea pada 1950.



Shin-Okubo terletak tidak jauh dari pusat kehidupan malam di Shinjuku yakni Kabukicho. Hingga kini, etnis Korea tercatat sebagai orang asing terbanyak kedua yang mendiami Jepang setelah China. Keturunan Korea di Jepang dikenal dengan Korea Zainichi. Istilah Korea Zainichi mengacu kepada penduduk permanen jangka panjang di Jepang, yang tetap mempertahankan kebangsaan Joseon atau Korea Selatan.

Shin-Okubo memang bukanlah salah satu distrik yang menjadi tempat “wajib” dikunjungi oleh wisatawan, tetapi ketika memasuki kawasan ini akan terasa perbedaan dari distrik lain di Tokyo. Namun bagi para pecinta KPOP rasanya kawasan ini wajib dikunjungi ketika sedang berada di Jepang.

Berawal Dari Kisah Heroik

Kalau dilihat secara historis memang hubungan Korea dan Jepang memang tidaklah baik. Sejak penjajahan Jepang di Korea selama 35 tahun dan banyaknya perbatasan yang masih menjadi sengketa menjadikan hubungan kedua negara ini tidak baik. Namun sebuah kejadian di Shin-Okubo sempat memperbaiki hubungan kedua negara ini dan menjadikan daerah ini diresmikan menjadi Korea Town.

Sebuah kisah heroic seorang warga Korea berusia 26 tahun bernama Lee Su-Hyun yang sedang belajar bahasa Jepang di negeri sakura ketika mencoba menyelamatkan seorang warga Jepang yang jatuh diatas rel kereta ketika sedang mabuk di stasiun Shin-Okubo. Saat itu, Lee bersama warga Jepang yang lain Shiro Sekine mencoba membantu dengan melompat ke atas rel kereta yang akhirnya melindas ketiganya.

Kisah heroik Lee pada tahun 2001 mendapatkan banyak sekali perhatian dari warga Jepang yang tergugah. Kisah inilah yang akhirnya sedikit banyak memperbaiki hubungan bilateral antara Jepang dan Korea Selatan. Pada tahun 2011 dalam peringatan 10 tahun kisah heroik ini, presiden Korea Selatan bersama dengan Perdana Menteri Jepang memberikan penghormatan di Stasiun Shin-Okubo.

Tepat setahun setelah tragedi yang melibatkan warga Korea Selatan, secara resmi daerah ini diberi nama “Korea Town” atau negeri Korea dalam skala kecil.

Dominasi KPOP dan Kosmetik Disepanjang Jalan

Sejak K-Pop melakukan invasi keluar negeri tak terkecuali Jepang, Shin-Okubo semakin dipenuhi oleh pernak-pernik girlband ataupun boyband Korea.

Salah satu toko yang terkenal adalah Star Shop. Toko yang berada tepat dipinggiran Jalan ini, memang menjadi toko dengan bangunan yang cukup besar dengan hiasan bendera Korea Selatan dan bendera Jepang didepannya. Disini para pecinta Korea dapat menemukan barang-barang berbau Korea Selatan, mulai dari musik ,makanan dan kosmetik.

Selain Star Shop, toko lain yang menjadi perhatian para pelancong adalah Idol Park yang letaknya sangat dekat dengan stasiun JR Shin-Okubo. Selain menyediakan pernak-pernik idola Korea, disini juga terdapat kafe dengan nama “Idol CafĂ© Snow Camp” tepat diatas tokonya.

Selain kedua toko tersebut, di distrik ini para pelancong juga akan merasakan “hawa” negeri Ginseng yang sangat kental. Karena disetiap sudutnya terdapat berbagai macam hal mengenai Korea Selatan, seperti jajanan pinggir jalan yang menjual makanan ringan hingga sushi dengan rasa Korea.

Selain itu juga terdapat banyak bar dan tempat karaoke dengan lagu-lagu K-Pop. Salah satu tempat yang terkenal adalah bar yang terkenal adalah “Bar Blue” yang meemiliki program ‘K-Pop nights’ dengan biaya masuk 2.000 yen untuk wanita dan 3.000 yen untuk pria yang sudah termasuk dua minuman gratis.

Berbicara tentang Korea tentu tidak lengkap tidak membahas komestiknya. Di Shin-Okubo banyak toko-toko yang menjual kosmetik Korea yang bisa membuat tampilan kalian layaknya artis Korea.

Untuk mengunjungi Korea kecil ini, kalian bisa menggunakan kereta JR jalur Yamanote Line menuju stasiun Shin-Okubo yang berada sebelum stasiun Shinjuku atau sebelum stasiun Takadanobaba.

Tidak ada komentar